Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Thursday, April 9, 2009

SEO : Tip dan Trik Mempopulerkan Website di Search Engine (Tahap Persiapan)

Benahi website Anda ! Apapun teknik dan trik optimasi search engine / SEO (Search Engine Optimization) yang Anda gunakan, semua tidak akan banyak membantu jika website Anda masih “bermasalah”. Ibarat ikut lomba balap, pastikan website Anda sudah fit dan lolos kualifikasi peserta lomba.

Saat ini banyak tersedia tool dan aplikasi pengembangan web yang siap membantu Anda menciptakan sebuah website secara mudah dan cepat. CMS juga sudah lazim digunakan untuk membangun website dengan fungsionalitas tertentu secara instan. Permasalahannya, tidak semua tool dan CMS yang bertebaran di internet mampu mendukung aspek SEO. Ya, sulit memang, kita harus memperhatikan aspek fungsionalitas website, kemudahan, kecepatan, sekaligus tetap memikirkan aspek SEO-nya.

Membuat website yang benar-benar sempurna memang sangat sulit dicapai. Namun, ada beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah website agar dianggap layak tayang di search engine dan mampu bersaing di dunia maya. Kuncinya terletak pada kode-kode HTML yang ada di balik halaman web Anda

1. Bagian HEAD Halaman Web

Berikut elemen-elemen penting di bagian HEAD dokumen HTML yang harus Anda perhatikan dalam merancang sebuah halaman web yang optimal :
TITLE

TITLE adalah judul website. Tag html TITLE berada di antara bagian HEAD halaman web. Judul website disisipkan di antara tag TITLE.

*
TITLE memiliki kontribusi yang sangat besar pada urutan hasil pencarian search engine.
*
Jangan biarkan website Anda tanpa TITLE, jangan asal pasrah dengan pemberian TITLE otomatis oleh software pengembangan website Anda, namun juga jangan berlebihan dengan TITLE Anda.
*
Seperti sebuah judul buku, usahakan TITLE Anda tuliskan secara ringkas namun mampu mencerminkan isi halaman web Anda. Pilih kata kata paling penting pada halaman web Anda, dan susun menjadi kalimat yang informatif.
*
Buat TITLE yang search engine friendly. Usahakan panjang TITLE Anda maksimal 60 karakter, karena jika terlalu panjang sebagian search engine akan mengabaikan apapun yang Anda tuliskan setelah 60 karakter.

META Tag

META adalah tag pada bagian HEAD halaman web, yang difungsikan untuk membantu search engine dalam memahami halaman web Anda. Susunan tag META diikuti NAME="jenis meta" dan CONTENT="isi meta". Ada beberapa jenis tag META yang dapat dicantumkan pada halaman web, namun hanya sedikit yang bisa diharapkan dalam mengoptimalkan website di search engine. Meskipun META awalnya sangat berpengaruh besar dalam membantu search engine generasi awal, namun dewasa ini sebagian besar search engine modern sudah mulai mengabaikan META dan lebih memperhatikan apa yang ada di dalam halaman web Anda.

*
META description : digunakan untuk mendeskripsikan isi halaman web. Bagian ini akan ditampilkan search engine bersama TITLE pada halaman hasil pencarian. Ada salah anggapan bahwa META description dapat memompa ranking situs di search engine, sehingga lazimnya pembuat website berusaha mengetikkan informasi sebanyak-banyaknya agar dapat disambar search engine ketika seseorang mengetikkan keyword terkait. Ingat, search engine saat ini lebih memperhatikan kesesuaian antara TITLE, META, dan seluruh informasi di dalam halaman web Anda. Usahakan panjang META ini search engine friendly, sebagian menyarankan 150 karakter, sebagian 120 karakter, karena hanya sepanjang karakter inilah informasi yang akan ditampilkan di halaman hasil pencarian. Sisanya ? mubazir, karena akan dipotong.
*
META keywords : digunakan untuk menyebutkan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan website Anda. Setiap kata kunci yang disebutkan dipisah dengan tanda koma. Usahakan META keywords hanya mengandung kata yang memang tampil di halaman web (teks terbaca di browser). Sama seperti META description, salah anggapan juga terjadi pada META ini. Mengapa ? karena sekarang search engine sudah tidak mengindeks teks yang ada di META keywords. Anda tetap dapat menggunakannya dan akan sedikit membantu jika memakainya secara tepat. Batasi panjang maksimal teks keywords sekitar 800 karakter-an dan jangan ulang pencantuman sebuah kata yang sama hingga lebih dari tiga kali. Ya, sebab ini berkaitan dengan yang namanya keyword density, salah satu faktor perhitungan yang mempengaruhi ranking website di search engine. Perulangan kata pada META keyword dapat Anda ibaratkan over dosis, yang hanya akan meracuni ranking website Anda.
*
META robots : digunakan untuk menentukan apakah halaman web yang dipasangi META ini boleh diindeks oleh search engine, atau sebaliknya. META ini cukup membantu untuk menghindari munculnya halaman-halaman tertentu pada hasil pencarian search engine.
*
META lain (misalnya META author dan META copyright), tidak banyak membantu posisi website Anda di search engine. Penggunaannya optional sesuai kebutuhan, misalnya META author dan copyright dapat Anda prioritaskan jika ingin menyatakan secara eksplisit bahwa halaman web yang Anda sisipi adalah karya cipta Anda.

2. Bagian BODY Halaman Web

Beberapa elemen penting di bagian BODY yang harus Anda perhatikan adalah :
Heading

Heading adalah tag bagi penulisan elemen judul, sub judul, dan subsub selanjutnya pada materi halaman web. Penulisannya sebagai berikut ‹h#› isi judul ‹/h#›. ‹h1› adalah heading 1, ‹h2› adalah heading 2, dan seterusnya (# adalah level heading).

Tag heading adalah bagian yang paling dilirik search engine setelah tag TITLE. Biasakan untuk menuliskan judul dan sub judul di dalam halaman web Anda menggunakan tag heading. Meskipun secara visual tampak sama di browser, sebaris kata yang diberi tag heading dan sebaris kata yang diperbesar ukuran fontnya memiliki kualitas yang berbeda di mata search engine.
Link

Link yang menghubungkan antar halaman web Anda juga memiliki poin tersendiri. Ini bukan soal ke mana link Anda lari, namun soal penulisan teks link dan atribut yang Anda sisipkan di dalam link. Link dan teks-teks yang menyertai link Anda juga menjadi perhatian search engine.

*
Tuliskan kata atau kalimat yang mencerminkan isi dan maksud link. Sebaris anchor / teks link “daftar buku komputer terbaru” jauh lebih berkualitas dibandingkan sebaris anchor / teks link “silakan klik di sini” atau sebuah gambar buku yang Anda beri link.
*
URL tujuan link yang bermakna juga lebih baik dibandingkan URL tujuan dalam susunan tak bermakna. Misalnya susunan URL http://www.smitdev.com/buku/pemesanan-buku.php lebih bagus dibandingkan susunan URL

http://www.situs.com/?p=dabk&sJRG=new

(atau sederet kode dan singkatan yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya apa maksudnya). URL berbentuk kode-kode ini merupakan hasil pemanggilan halaman yang tersimpan dalam database. Untuk menghindari munculnya URL seperti itu, kita bisa memakai mod_rewrite dari web server Apache Anda (baca tutorial mod_rewrite di sini).
*
Tambahkan link title saat mendiskripsikan sebuah link. Contoh susunannya adalah sebagai berikut : ‹a href=http://www.smitdev.com/buku/profil-penulis.php title="daftar penulis buku smitdev"›Daftar Penulis‹/a›. Bagian title="daftar penulis buku smitdev" inilah yang disebut link title. Sebaris kalimat yang menjelaskan tentang tujuan link ini sedikit dapat membantu posisi Anda di search engine untuk pencarian dengan keyword terkait.

Konten Website

Konten yang dimaksud di sini adalah semua objek website yang dapat dilihat orang pada web browser.

*
Teks : Hanya bagian inilah sebenarnya yang diindeks oleh search engine. Teks yang terbaca search engine bisa berupa paparan informasi yang Anda ketikkan di halaman web, atau atribut ALT yang menyertai gambar. Untuk memeriksa materi teks halaman web Anda, silakan matikan gambar melalui menu Options / Preferences di browser, lalu refresh tampilan Anda. Nah, itu yang diindeks search engine.
*
Gambar dan objek non teks lain : Gambar dan objek non teks lain tidak akan diindeks oleh search engine. Teks yang tertulis di dalam sebuah gambar pun tidak akan terbaca oleh search engine. Jadi meskipun gambar slogan dan gambar dominan lain akan membuat website Anda cantik, namun ini sama sekali tidak akan membantu Anda di search engine. Jika halaman web Anda menuntut adanya beragam gambar, sebaiknya siasati dengan menyisipkan atribut ALT pada kode HTML penyisipan gambar Anda. Contohnya ‹IMG SRC="http://www.smitdev.com/kerjasama_kemitraan.png" ALT="Kerjasama Kemitraan" WIDTH="53" HEIGHT="22" /›. Nah, sekarang dapat dua-duanya, gambar yang cantik akan tampil, dan search engine pun akan mengindeks kata “Kerjasama Kemitraan” yang Anda sisipkan dalam ALT.
*
Kesesuaian kandungan materi informasi dan karakteristik tema sebuah halaman web sangat membantu posisi Anda di search engine. Situs Anda bertema hardware, elemen TITLE dan META website sudah Anda arahkan ke tema hardware, tapi jika isi website Anda sendiri lebih banyak membahas soal software, ya digeser deh posisi website Anda oleh situs hardware pesaing. Search engine juga akan menghitung jumlah suatu kata yang ada di halaman Anda dan mencocokkannya dengan keyword yang diketikkan sang pencari.
*
Teks memang idola search engine, tapi jangan coba-coba menipu search engine dengan cara mengetikkan sekelompok kata unggulan Anda dalam ukuran font terkecil atau dalam warna yang sama dengan warna latar. Mungkin Anda berpikir ini ideal, di satu sisi semakin banyak kata unggulan yang dapat Anda sisipkan, di sisi lain Anda dapat menyembunyikan dan tidak ingin merusak pemandangan situs Anda dengan segudang kata yang akan membingungkan pengunjung. Ingat tindakan yang termasuk dalam kategori spamdexing ini menyalahi aturan dan bisa berakibat fatal, situs Anda dilarang dan dihapuskan dari database search engine. Sanksi atas kasus seperti ini sempat menimpa situs besar BMW dan Ricoh pada Februari 2006, walaupun akhirnya keduanya dimaafkan dan memperbaiki kesalahan ini.

Memodifikasi Lebar Halaman

Hal pertama yang perlu Anda pahami dalam memodifikasi halaman blog Anda adalah mengenai penetapan lebar komponen halaman (header, halaman posting, sidebar, dan footer).

Berikut adalah rumusan yang bisa Anda jadikan pedoman dalam mengutak-atik lebar halaman blog Anda :

#header-wrapper = #outer-wrapper = #footer = #main-wrapper + 30 + #sidebar-wrapper

Temukan dan ubah nilai width: di bagian tersebut sesuai kebutuhan :


~ #header-wrapper, #outer-wrapper, dan #footer menjadi patokan lebar seluruh
halaman blog.

~ #main-wrapper adalah ukuran kolom posting Anda.

~ #sidebar-wrapper adalah ukuran kolom sidebar Anda.

~ Nilai 30 digunakan untuk memberi jarak antara antara kolom posting dan kolom
sidebar.

Dengan berpatokan pada rumusan di atas, maka Anda dapat mengubah ukuran halaman Anda dengan mengedit HTML dengan nilai seperti berikut :

Nilai width awal:
660px = 660px = 660px = 410px + 30px + 220px

Nilai width untuk modifikasi:
750px = 750px = 750px = 470px + 30px + 250px

Penjelasan langkah pengeditan:

1. Timpa nilai width pada bagian #header-wrapper, #outer-wrapper, dan
#footer menjadi 750px.

2. Timpa nilai width pada bagian #main-wrapper menjadi 470px.

3. Timpa nilai width pada bagian #sidebar-wrapper menjadi 250px.

Nilai width #main-wrapper = 470px cocok untuk beriklan (ukuran ini bisa mengakomodasi banner 468x60 px). Silakan ubah ukuran sesuai selera dengan berpatokan pada rumusan di atas.

Menghilangkan NavBar pada Blogger

Merasa tidak nyaman dengan tampilan NavBar di bagian atas halaman blog Anda?



Singkirkan NavBar dan perluas tampilan halaman blog Anda dengan cara berikut:


1. Buka template Blogger Anda di Layout > Edit HTML.

2. Temukan titik penyisipan, letakkan kursor persis di atas baris body {.

3. Sisipkan baris kode di bawah ini untuk menghilangkan tampilan NavBar di halaman blog Anda:

#navbar-iframe {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none
}


4. Simpan perubahan template, preview blog dan nikmati hasilnya




Tip Membuat Sendiri Template Blogger (Blogspot)

Sudah bosan dengan template Blogger yang itu-itu saja? Ada dua pilihan buat Anda. Cara pertama cukup praktis, cari dan download template Blogger dari pihak ketiga, lalu salin dan pasang kode template blogger baru pilihan Anda. Cara kedua lebih kreatif, modifikasi sendiri template Anda!

Berikut beberapa tip dasar yang bisa Anda gunakan untuk mengedit atau membuat template Blogger Anda:
Backup Template dan Komponen

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengganti template Blogger adalah membackup template lama dan elemen-elemen halaman yang telah Anda miliki. Komponen selain posting, arsip, dan komentar cukup rawan dengan resiko hilang saat template baru diterapkan (Blogger akan memberi peringatan berupa daftar widget yang akan terhapus jika template baru Anda terapkan).

1. Login ke halaman pengelolaan blog, klik Layout > Edit HTML.
2. Untuk membackup template awal, seleksi seluruh kode di kotak Edit Template
(Ctrl+A), lalu copy (Ctrl+C).
3. Buka Notepad, lalu salin kode ke dalam lembar kerja Notepad (Ctrl+V).
4. Simpan backup template awal Anda.




Sebagai catatan, jika Anda telah menambahkan elemen / widget pada halaman blog Anda, maka sebelum melakukan langkah ke-2, aktifkan dulu kotak pilihan Expand Template Widget (di bagian atas kotak Edit Template). Baru setelah itu salin seluruh kode dan Anda simpan sesuai langkah berikutnya.

Kini Anda sudah siap mengutak-atik template Blogger Anda. Jika hasilnya kurang memuaskan, Anda tetap dapat memulihkan template awal dengan cara menyalin kode backup dari Notepad ke kotak Edit Template.

Friday, April 3, 2009

4 Langkah Membasmi Kido

Program jahat bernama Kido alias Conficker alias Downadup telah menyebar. Versi barunya pun mengancam pengguna internet. Bagaimana cara menghapusnya?
ADVERTISEMENT

Berikut adalah tips menghapus Kido dari komputer yang disampaikan oleh perusahaan antivirus Kaspersky.

Peranti khusus bernama KKiller.exe dapat digunakan untuk menghapus worm ini.

Untuk mencegah seluruh komputer dan server terinfeksi Kido, Anda disarankan melakukan langkah-langkah berikut ini:


Instal patch dari Microsoft yang menutup celah MS08-067, MS08-068, MS09-001. Pastikan password akun administrator lokal tidak dapat diterka dengan mudah—password minimal harus terdiri dari 6 karakter yang merupakan perpaduan antara huruf kapital dan non-kapital, angka, serta karakter spesial seperti tanda baca. Matikan fitur yang menjalankan file dalam USB flash disk secara otomatis.
Peranti KKiller.exe dapat dijalankan secara lokal pada komputer yang sudah terinfeksi atau dijalankan secara remote dengan bantukan Kaspersky Administration Kit.

Untuk Menghapus Secara Lokal


Unduh KKiller_v3.4.3.zip dan ekstrak paket itu ke sebuah folder dalam komputer yang sudah terinfeksi. Jalankan file KKiller.exe. Ketika scan sudah selesai, jendela command prompt bsia muncul pada layar monitor. Untuk me-minimize jendela itu, tekan sembarang ombol. Agar jendela itu ditutup secara otomatis, disarankan gar KKiller.exe dijalankan dengan parameter “-y”. Tunggu sampai proses scan selesai.Bila Agnitum Outpost Firewall terinstal pada komputer yang menjalankan KKiller.exe, restart setelah penggunaan KKiller.exe. Lakukan full scan pada komputer dengan Kaspersky Anti-Virus.

Untuk Menghapus dengan Administration Kit


Unduh KKiller_v3.4.3.zip dan ekstrak isinya ke dalam sebuah folder. Dalam konsol Administration Kit, buatlah paket instalasi untuk KKiller.exe. Dalam pengaturan paket instalasi, pilih “Make installation package for speficied executable file”.Pada kotak “Executable file command line (optional)” tulisan parameter “-y” agar jendela konsol tertutup secara otomatis setelah proses selesai. Buat task untuk instalasi jarak jauh yang dapat dilakukan secara global atau hanya grup tertentu. Jalankan task itu. KKiller.exe dapat dijalankan pada semua komputer dalam jaringan. Ketika KKiller.exe sudah selesai bekerja, scan setiap komputer menggunakan Kaspersky Anti-Virus.Kalau Agnitum Outpost Firewall terinstal pada komputer, restart PC setelah KKiller.exe digunakan. Untuk mendapat informasi tambahan, jalankan KKiller.exe dengan parameter tambahan “-help”.

Conficker Terbaru Sangat Rumit

Seiring 1 April 2009, program jahat bernama Kido alias Conficker alias Downadup versi terbaru telah menyebar. Worm ini terbilang sangat rumit.

Perusahaan antivirus Kaspersky mengungkapkan hal itu dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (2/4/2009). "Kido mengunduh update untuk dirinya sendiri dari beberapa alamat situs web yang terus-menerus berubah. Kido menggunakan jaringan lokal sebagai jalur tambahan untuk memperoleh update. Enkripsi yang sangat baik menambah kerumitan Kido. Kido bahkan punya mekanisme untuk mematikan fitur keamanan," sebut keterangan dari Kaspersky.

Saat ini Kido alias Conficker telah menyebar hingga sekitar 5 - 6 juta komputer. Penyebaran Kido pun melalui celah lawas MS08-067 yang ternyata, menurut keterangan Kaspersky, masih cukup banyak pengguna yang belum menambal celah ini.

Update yang dilakukan Kido pada Maret dan mulai aktifnya sistem baru Kido pada 1 April 2009 pun dinilai makin menyulitkan. Apa yang dilakukan Kido, dengan menerima perintah melalui 50.000 domain acak per hari, membuat aksi sang penjahat sulit diprediksi.

Padahal, jaringan komputer korban Kido alias Downadup ini bisa digunakan untuk melakukan serangan Distributed Denial of Service (DDoS). Selain itu, botnet tersebut bisa digunakan untuk melakukan aksi pencurian data dan menyebarkan spam.

Kaspersky Lab mengklaim produk terbarunya bisa digunakan untuk mencegah segala jenis varian Kido yang ada saat ini.