Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Thursday, June 11, 2009

Harga Laptop Turun 20 Persen

Harga laptop di pasaran saat ini turun hingga 20 persen. Hal ini dipicu menguatnya kurs rupiah terhadap dolar AS yang berimbas pada harga barang-barang elektronik.

"Sejak menguatnya kurs rupiah terhadap dollar beberapa waktu lalu, harga laptop turun hingga jutaan per unitnya. Jika sebelumnya harga laptop mencapai harga Rp 7 juta, hari ini bisa dibeli dengan harga Rp 5,6 juta saja atau turun sekitar 20 persennya," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Dewan Pengurus Daerah Jateng Kadar Pono di sela-sela pembukaaan Super Bazaar Computer (SBC) di Java Mall di Semarang, Rabu (10/6).

Namun, kata dia, penguatan nilai kurs rupiah tersebut justru akan mengurangi keuntungan yang diperoleh para penjual. "Sebagai gantinya, kami berharap dengan turunnya harga jual laptop tersebut akan meningkatkan minat masyarakat membeli perangkat elektronik tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Super Bazaar Computer (SBC) Hartono Gunawan membenarkan, bahwa pameran komputer yang rencananya akan berlangsung mulai 10 Juni hingga 15 Juni 2009 bersamaan dengan menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Meskipun keuntungan para pedagang turun, kami tetap berharap minat pembeli bertambah mengingat harganya turun mencapai kisaran 20 persen per unitnya," ujarnya. Ia menargetkan, transaksi penjualan selama pameran berkisar antara Rp 5 miliar hingga Rp 6 miliar. "Syukur-syukur bisa lebih dari target tersebut," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan, sejak pameran dibuka pada pagi hari sejumlah stand ramai pengunjung. Bahkan, beberapa stand tampak dipenuhi pengunjung yang sedang melakukan transaksi pembelian laptop yang memang dijual dengan harga yang lebih murah dibanding saat kurs rupiah terhadap dolar AS melemah hingga di atas Rp 10.000 per dolar.

Beberapa stand tampak memajang sejumlah laptop yang dikenal dengan netbook dengan harga berkisar Rp 3 jutaan. Berdasarkan pengamatan sebelumnya harga jual laptop dengan spesikasi tidak jauh berbeda dijual dengan kisaran harga Rp 4 jutaan lebih

0 comment: