Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Thursday, May 21, 2009

Facebook Segera Terapkan OpenID

ika Anda punya banyak akun di berbagai situs, memang sulit ya mengingat password dan nama login-nya kalau berbeda-beda. Biasanya, agar simpel, orang menyeragamkan semua hal tersebut – password dan nama login.

Nah dalam kaitan dengan mempermudah hal tersebut, Facebook sudah memberikan konfirmasi bahwa mereka siap menerapkan OpenID. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk login dengan akun OpenID dari beragam provider, termasuk Google, Yahoo, AOL, dan MySpace.

“Kami yakin bahwa mayoritas aktivitas berbagi yang akan terjadi di dunia ini tidak akan terbatas pada satu situs saja, “ begitu kata CEO Facebook Mark Zuckerberg kepada InsideFacebook.com. “Jadi membangun platform dan membuatnya interoperasi penting bagi para developer Web dan juga bagi kami secara strategis.”

Sekarang pun, pengguna bisa mendaftar akun Facebook dengan menggunakan akun Gmail yang sudah dimilikinya. Pengguna baru maupun lama dapat menautkan akun-akun Facebook-nya ke akun Gmail atau ke akun dari para penyedia OpenID yang mendukung login otomatis. Begitu pengguna menautkan alamat Gmail atau URL OpenID, dan melakukan login ke akunnya, maka dia akan di-login ke Facebook.

Bagaimana dengan isu keamanan? Menurut developer Facebook Luke Shepard, Facebook telah merampingkan proses login OpenID sambil tetap menjaga sekuriti, mengubah full-page redirect ke pop-up. “Kami bekerja dengan komunitas untuk mengembangkan ekstensi pop-up ini guna menstandarkan pengalaman pengguna yang lebih singkat."

Sekadar catatan, tahun 2007 dibentuklah OpenID Foundation untuk membantu mempromosikan teknologi OpenID. Organisasi ini sekarang dipimpin oleh 7 anggota dewan yang dipilih komunitas dan anggota dewan korporat dalam jumlah yang sama.

0 comment: