Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Tuesday, February 2, 2010

Cisco Luncurkan Routing Internet di Ruang Angkasa

Cisco berhasil meluncurkan teknologi routing Internet di ruang angkasa (IRIS). Teknologi ini telah diuji kapabilitasnya pada jaringan Cisco IOSR dan router on-board.

IRIS adalah router Internet Protocol di satelit GEO komersil yang pertama di dunia. Ia diluncurkan ke ruang angkasa pada 23 November tahun lalu menggunakan satelit Intelsat IS-14.

IRIS adalah router IP yang tahan radiasi untuk digunakan di satelit dan pesawat ruang angkasa. Ia mendukung layanan jaringan untuk komunikasi suara, video, dan data. IRIS membantu instansi pemerintah, militer serta pihak terkait lainnya untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan Internet Protocol dan perangkat yang telah ada.

Router ini diklaim lebih tangguh dalam menyediakan koneksi tak terputus dibandingkan teknologi satelit konvensional. Pengguna bisa berkomunikasi data dengan cara apapun, dimana pun, dan kapanpun tanpa mengandalkan infrastruktur tetap. Ia dapat menyalurkan data ke lebih dari satu penerima secara langsung, tanpa harus melalui beberapa hop teleport sehingga dapat mengurangi keterlambatan pengiriman data serta meningkatkan penggunaan transponder.

Piranti lunak yang terdapat pada router CiscoR serta modem onboard dapat di-upgrade ketika berada di orbit, sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kecepatan pengembalian investasi. IRIS adalah bagian dari program Department of Defense Joint Capability Technology Demonstration (JCTD) yang dikelola oleh Cisco dan Intelsat General Corp.

IRIS akan ditawarkan secara komersial setelah tiga bulan berakhirnya JCTD pada bulan April 2010. "Teknologi ini dapat mentransformasikan satelit komunikasi di seluruh dunia sehingga dapat mengurangi keterlambatan pengiriman data serta meningkatkan efisiensi," kata Steven Boutelle, Vice President, Cisco Global Government Solutions Group.

0 comment: